Delapan 'Bahaya' Tidur Bagi Kesehatan Setelah Bangun Subuh...Yok Bagikan...

“Jangan tidur setelah subuh, nanti rejekimu menjauh”. Mungkin Anda sering mendengar larangan agar tidak tidur setelah subuh, namun mungkin sebagian dari Anda masih bingung apa yang menjadi alasan dibalik larangan tersebut? Tidur setelah subuh memang nikmat, apalagi jika cuaca dingin. Namun tahukah Anda jika tidur setelah subuh hingga terbit matahari adalah kurang baik, bahkan Rasulullah sendiri juga melarang kita melakukannya. Alasannya, pada waktu tersebut merupakan waktu untuk memanen ghanimah atau pahala yang melimpah. Sehingga dengan mengisi waktu tersebut, maka akan mendapatkan keutamaan yang sangat besar, seperti dibukanya pintu rejeki dan juga keberkahan.





Larangan untuk tidur setelah subuh

Rasulullah Saw. bersabda:“Seusai shalat fajar (subuh) janganlah kamu tidur sehingga melalaikan kamu untuk mencari rezeki.” (HR. Thabrani)
Kerugian Akibat Tidur Setelah Subuh

Tidur setelah subuh membuat Anda mengalami banyak kerugian, lho. Ingin tahu apa saja kerugian tersebut? Simak langsung informasinya berikut ini :

1. Tidak mendapatkan kesempatan didoakan Rasulullah

“Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku di pagi harinya” (HR. Abu Dawud no. 2606, Tirmidzi no. 1212, Ibnu Majah no. 2236, shahihAt-Targhiib waTarhiib no, 1693)

2. Kehilangan kesempatan mendapatkan pahala Haji dan Umroh

Dari Anas bin Malik r.a., ia berkata bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda: “Barangsiapa shalat fajar (shalat subuh) berjamaah di masjid, kemudian tetap duduk berdzikir mengingat Allah, hingga terbit matahari lalu shalat dua rakaat (shalat dhuha), maka seakan-akan ia mendapatkan pahala haji dan umrah dengan sempurna, sempurna, dan sempurna.” (HR. Tirmidzi)

3. Kehilangan keberkahan dan keberuntungan

“Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barakah dan keberuntungan.” (HR. Thabrani dan Al-Bazzar).

4. Sebabkan obesitas

Terdapat penelitian yang menyebutkan jika seseorang yang memiliki waktu tidur lebih dari 10 jam setiap malam memiliki risiko obesitas lebih tinggi 21% dibandingkan yang tidurnya 7 atau 8 jam saja semalam.
5. Sakit kepala/pusing

Tidur cukup membuat seseorang merasa segar, sebaliknya jika terlalu lama tidurnya justru sebabkan sakit kepala. Hal itu disebabkan serebrospinal yang bergerak ke otak.

6. Sebabkan Depresi

Tidur lebih lama membuat seseorang lebih merasa depresi, karena itu lebih baik tidur dengan durasi yang sama secara rutin setiap hari agar terhindar dari depresi.

7. Sebabkan Penyakit jantung

Nurses Health Study melakukan penelitian kepada 72.000 wanita, dan hasilnya menunjukkan jika wanita yang memiliki waktu tidur terlalu lama sekitar 9-11 jam setiap malamnya akan berisiko terkena penyakit jantung sebanyak 38 persen dibandingkan dengan wanita waktu tidurnya hanya selama 8 jam saja.

8. Sebabkan Lemah syahwat

Ibnu Qayyim Al Jauziyah menuliskan dalam Zaadul Maád, jika “Tidur pagi dapat sebabkan berbagai penyakit badan, salah satunya : lemah syahwat.”
Nah, mengingat banyaknya kerugian yang Anda dapatkan akibat tidur setelah subuh diatas, sebaiknya mulai biasakan bangun pagi dan isilah waktu Anda dengan kegiatan positif, seperti : tilawah, dzikir, menyiapkan makanan untuk keluarga, bekerja, bersih-bersih rumah dan lainnya. Semoga bermanfaat

0 Response to "Delapan 'Bahaya' Tidur Bagi Kesehatan Setelah Bangun Subuh...Yok Bagikan..."

Post a Comment